Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I

Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I
Mungkin Anda baru pemula dan baru mengetahui dan ingin mencari tahu tentang blog serta ingin membuat blog pribadi maupun untuk tujuan lain, semoga ini bisa membantu dan bermanfaat tentunya.

Pada laman ini kita akan terlebih dahulu belajar mengenal tentang apa itu blog dan fungsi dan kegunaan lainnya. 

Blog atau Web Log merupakan tempat dimana kita dapat menyimpan maupun mempublikasikan secara luas di internet mengenai tulisan-tulisan maupun catatan-catatan pribadi  atupun yang bersifat umum, sepeti membuat tutorial, memberikan informasi, ataupun membagikan hal kreatifitas kita. Dan banyak jenis bentuk selain hanya tulisan atau text yang kita publikasikan, seperti video, suara, flash, foto, dan sketsa.

Blog juga dapat digunakan sebagai sarana dalam mempromosikan usaha atau bisnis yang kita punya dan juga dapat digunakan untuk mencari income atau uang tambahan melalaui periklanan dan lainnya.

Sejarah
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom”  menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”.

Blog “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993 adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape dan bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Perbedaan Blog degan Website
Perbedaan dari blog dan website tidak jauh berbeda hanya saja website memiliki style, type, model yang berbeda dari blog dan memiliki 2 jenis, yaitu :

-Website Statis 
Yang dimana halaman web selalu berubah-ubah dalam waktu tertentu. pengunjung tidak dapat menentukan informasi apa yang ingin dilhatnya, dan tetap pada informasi apa yang ditawarkan.
-Website Dinamik 
Untuk mudahnya, contoh website model ini adalah seperti website forum, blog, e-commerce, berita, search engine, dan- lainnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa blog adalah website juga, cuma fungsi nya berbeda.

Jenis-Jenis Platform Blog
Jika sebuah website yang akan dibangun membutuhkan domain dan hosting yang berbayar yang mengharuskan menyewa server domain dan hosting, maka berikut jenis-jenis beberapa platform blog yang gratis yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah blog.

1. Blogspot.com/ blogger.com
Blogspot merupakan layanan gratis dalam membuat blog yang merupakan salah satu produk dari google.
Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I
blogspot/blogger

2. Wordpress.com
Wordpress merupakan jenis platform blog gratis yang lainnya, dan salah satu kelebihannya adalah wordpress mampun menampung beban trafic yang besar.
Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I
wordpress

3. Joomla.com
Joomla merupakan jenis platform gratis yang merupakan penyempurnaan beberapa bagian dari wordpress, dan salah satu kelebihannya adalah dalam penginstalan joomla pluign langsung terinstal lengkap pada awal penginstalan.
Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I
joomla
4.Tumblr.com
Tumblr merupakan platform blog gratisan lain yang bisa dimiliki oleh pecinta blogging. Konsep awal penciptaan platfor ini adalah untuk mewujudkan slogan “the easiest way to blog.” Hingga saat ini, platform Tumblr sudah menadi salah platform gratisan yang cukup popular dikalangan pecinta blog.

Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I
tumblr

4 platform diatas merupakan sarana dalam membuat blog gratis yang populuer pada saat ini yang dapat digunakan dalam membuat blog.

Pengnalan mengenai apa itu blog, fungsi blog, manfaat blog, sejarah blog, dan beberapa jenis platform blog sudah saya jelaskan diatas, dan selanjutnya kita akan masuk dalam proses atau langkah-langkah dalam pembuatan blog, dan platform blog yang akan saya gunakan adalah dari blogspot atau blogger, namun tidak saya jelaskan disini tetapi saya jelaskan melalui link berikut.

Langkah-Langkah Cara Membuat Blog - Panduan Lengkap Blogger Pemula Bagian II

Tutorial blogger pemula bagian I hanya dapat saya jelaskan sampai disini, kita telah sedikit belajar mengenai apa itu blog, jenis blog, sejarah, dan lainnya seperti yang telah saya jelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya berguna. Terimakasih.


*Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui form komentar, dan jika suka dengan artikel ini silahkan dengan klik like, share, atau join fans page untuk mengetahui artikel lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Blog - Panduan Lengkap Bagi Pemula Bagian I "

Post a Comment