100+ YouTuber Indonesia Memiliki 100.000 lebih Subscribers, Bukti Ekosistem YouTube Meningkat

100+ YouTuber Indonesia Memiliki 100.000 lebih Subscribers - Youtube adalah sebuah situs video online yang memungkinkan setiap penggunanya untuk berbagi informasi berupa cerita, kisah, dan hal-hal kreatif lainnya.
Youtube Space Jakarta
Youtube Space Jakarta (image from : inilah.com)

Adanya situs steaming video Youtube ini mendorong banyak orang untuk berkreasi membuat konten yang menarik yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

Jumlah Kreator Youtube Meningkat

Untuk Indonesia sendiri sejak tahun 2015, tercatat sebagai negara dengan jumlah unggahan video YouTube terbesar se-Asia Pasifik. Kondisi ini menunjukkan bahwa masih masifnya ide-ide kreatif yang belum dikeluarkan oleh para kreator lokal kala itu.

Namun jika dibandingan dengan tahun ini, ternyata ekosistem YouTube semakin meningkat dikarenakan munculnya para bintang YouTube baru atau yang dikenal dengan sebutan "YouTuber". Dari data yang dikutip dari Kompas.com telah mencatat bahwa data terakhir menunjukkan tidak kurang dari 106 YouTubers Indonesia telah memiliki lebih dari 100.000 subscribers/ pengikut.

Menurut YouTube Partnership Lead South East Asia, Niken Sasmaya, dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya jumlah tersebut meningkat hampir tiga kali lipat.

“Tahun lalu baru 40 YouTubers yang punya subscribers di atas 100.000,” kata Niken di acara pembukaan “YouTube Space Jakarta”, Bintaro Permai, Jakarta Selatan, hari Kamis (8/9/2016).

-Artikel pilihan :  Inilah Rata-Rata Kecepatan Internet Mobile Di Indonesia 

Niken menambahkan, video YouTube yang terdahulu hanya didominasi dengan kategori musik dan entertainment saja, tetapi sekarang kategori konten yang diunggah semakin luas dan banyak jenisnya. Contohnya seperti teknologi, kecantikan, otomotif, dunia anak-anak, dan fashion juga sudah mulai ramai bermunculan dan mendapat respons yang positif dari masyarakat.

Tips Kolaborasi Untuk Menambah Subscriber

Dari salah satu "YouTuber" sukses, Eka Gustiwana mengatakan, jumlah "YouTuber" yang semakin banyak ini tidak lepas oleh dukungan YouTube dari berbagai sektor. Eka menilai bahwa YouTube juga kerap berinteraksi dengan para "YouTubers" dan memediasi kolaborasi antar sesama YouTuber.Tidak hanya menyediakan platform di internet.

"Kolaborasi penting banget untuk bikin konten menarik dan bisa sama-sama menambah subscribers. YouTube sering memediasi soal itu," ujar Eka.

Eka Gustiwana sendiri sudah terkenal sejak beberapa tahun lalu melalui karya aransemen ulang audio Arya Wiguna. Subscribers atau pengikut Eka Gustiwana saat ini adalah lebih 400.000.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 100+ YouTuber Indonesia Memiliki 100.000 lebih Subscribers, Bukti Ekosistem YouTube Meningkat"

Post a Comment