Automatic Alternative Text : Fitur Terbaru Facebook Membantu Tunanetra Bisa 'Melihat' Foto

Automatic Alternative Text merupakan fitur baru yang dikembangkan oleh Facebook yang dapat membantu para tunanetra yang notabene tak bisa melihat untuk bisa “melihat” foto yang ada di sosial media Facebook. Pihak Facebook sendiri mengatakan, ada lebih dari 39 juta Tunanetra dan lebih dari 246 juta orang yang terdapat gangguan penglihatan.
Automatic Alternative Text : Fitur Terbaru Facebook Membantu Tunanetra Bisa 'Melihat' Foto
Image from : www.idntimes.com

Fitur ini tentu sangat menarik, fastastis, dan bermanfaat sekali bagi penyandang tunanetra. Meski tak sepenuhnya mampu melihat layaknya seperti pada pandangan orang normal, namun dengan teknologi yang dihadirkan Facebook ini, para tunanetra akan mampu merasakan, membayangkan atau menggambarkan foto melalui imajinasinya.
Tujuan Facebook membangun fitur ini Disamping untuk menjangkau pengguna yang lebih besar adalah karena tersedianya suatu fakta jika konten visual sudah menjadi sisi terbesar saat ini di media sosial. Konten visual mampu membuat cara berkomunikasi baru di dunia online yang dianggap setingkat lebih menyenangkan dan ekspresif.

- Artikel pilihan : Facebook Resmi Terapkan Algoritma News Feeds Baru Kurangi Clickbait

Cara Kerja Automatic Alternative Text

Ketika fitur Automatic Alternative Text diaktifkan maka akan dapat membacakan deskripsi setiap foto yang terlihat atau yang ada di Facebook. Setiap aneka bentuk atau objek yang ada pada foto tersebut kan disebutkan satu per satu sehinga dapat didengar oleh peyandang tunanetra ini. Sebagai Contoh output, fitur tersebut mengatakan ada pohon, ada dua orang saling berpandangan dan ada juga kursi taman yang didatangi oleh dua orang ini.

Terus Mencoba Mengembangkan Kecerdaasan Buatan

Facebook memang diketahui sejak dahulu serius dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan yang mampu mengenali berbagai objek dalam sebuah foto. Untuk mewujudkan hal tersebut beragam cara telah dilakukan dan salah satunya adalah memakai jejaring syaraf yang meniru fungsi otak untuk mengenali objek.

Dari beragam usaha yang dilakukan akhirnya muncullah fitur bernama Automatic Alternative Text, yang mampu bekerja membuat deskripsi dan memungkinkan pengguna tuna netra bisa “melihat” (menggambarkan dengan pasti) foto yang ada di Facebook.

-Baca juga : Inilah Alasan Kenapa Facebook Tidak Memberikan Tombol Dislike

Teknologi Pengenal dan Kecerdasan Buatan

Fitur Automatic Alternative Text yang dapat membaca setiap bentuk atau objek yang ada pada foto ini difasilitasi teknologi pengenal objek dari jaringan syaraf buatan yang mempunyai miliaran para meter dan sudah dilatih dengan ribuan contoh. Dengan teknologi kecerdasan buatan tersebut, maka Facebook bakal sanggup menjangkau lebih banyak lagi pengguna yang tidak mampu memakai media sosial ini.

Namun, fitur Automatic Alternative Text baru bisa dipergunakan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru, dikarenakan penyebutan objek yang masih menggunakan bahasa Ingris. Selain itu juga fitur ini pun masih disediakan dalam platform iOS saja. Walau demikian, menurut pihak Facebook ia  dalam masa dekat ini tengah berencana merilis fitur itu ke sejumlah bahasa di negara lain dan perluasan ke platform lainnya seperti Android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Automatic Alternative Text : Fitur Terbaru Facebook Membantu Tunanetra Bisa 'Melihat' Foto"

Post a Comment