Apakah SEO Penting Bagi Blog / Website? Mengapa!

Apakah SEO Penting Bagi Blog  / Website? Mengapa! | SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari. Cara kerja SEO ini adalah membuat situs atau blog Anda berada di tempat teratas daftar pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo Search, Bing, dan lain sebagainya.


Apakah SEO Penting Bagi Blog  / Website? Mengapa!
Image from : www.goldbachinteractive.at

Istilah search engine optimization ketika pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 pada sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks seperti saat ini, sehingga mudah dimanipulasi.

Hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas oleh karena sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya.

Lalu apa kegunaan SEO ini bagi sebuah blog? SEO ini adalah sebuah teknik yang akan memaksimalkan sebuah kata kunci atau keyword dari sebuah situs. Kata kunci ini kemudian akan ditempatkan di dalam artikel dalam blog/website Anda. Jadi SEO sangatlah penting bagi situs blog / website.

Berikut contoh dalam menerapkan SEO untuk Blog / Website:
  • SEO ONPAGE.
  • SEO OFFPAGE.
  • Title tag.
  • URL.
  • Meta description.
  • Heading meliputi (h1,h2,h3 dan seterusnya....).
  • Imege dan alt tag.
  • Link inbound dan outbound.
  • Link ke halaman Authority.
  • Dan lain-lain.

- Baca juga : 6 Alasan Kenapa SEO Pada Situs Anda Gagal

Untuk mengetahui bahwa SEO itu penting dan manfaat serta hasil ketika melakukan SEO silahkan simak dibawah ini.

Keuntungan Melakukan SEO

1. Meningkatjan Traffic Blog


Melakukan optimasi SEO yang baik dan tepat tentu akan membantu mendapatkan peringkat baik di mesin pencari seperti Google. Kenapa demikian? Karena semakin baik posisi halaman dan mudah orang melihat pada mesin pencari maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) yang berpotensial semakin besar pula.
-Baca juga  : Cara Melihat Traffic Pengunjung Blog / Website Orang Lain

2. Tingkat Penjualan Tinggi

Jika situs Anda menjual suatu produk atau barang seperti bukalapak.com yang menjual berbagai macam jenis barang seperti Kamera, laptop, alat rumah tangga, dan lain sebagainya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “kamera murah” "jual lapop" "jual peralatan rumah tangga lengkap" dan sebaginya, kemudian situs Anda mendapat ranking 1 pada pencarian, maka sudah 95% situs Anda akan mendapatkan nilai penjualan dari hasil SEO yang Anda lakukan.

3. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu  merek. Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualannya juga akan semakin besar.
- Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Blog / Website Dengan Cepat Dan Gratis

4. Mendapat Data Para Customer

Tak jarang banyak pengusaha online yang mengeluarkan uang mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan dengan memasang iklan di berbagai media yang menyediakan ruang space. Jika Situs Anda berada pada posisi peringkat teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengapa SEO itu penting bagi situs atau blog yang dibangun. Tentu banyak situs-situs melakukan SEO guna membuat situs mereka menjadi no 1, dan dari situ munculah persaingan atau perlombaan mana yang terbaik yang tepat dalam menerapkannya. Bagaimana dengan situs Anda, apakah sudah melakukan SEO yang baik dan benar?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah SEO Penting Bagi Blog / Website? Mengapa!"

Post a Comment