Ingin Jadi Blogger Profesional? Pastikan 5 Kemampuan Dasar Ini Anda Miliki

5 Kemampuan Dasar Blogger Profesional - Perlu  diketahui bahwa blogger semakin hari semakin meningkat penggunanya. Kenapa demikian?, karena adanya keuntungan menarik yang didapat dari kegiatan blogging, seperti mendapatkan penghasilan melalui internet, mendapatkan kepopuleran, melatih pola pikir, dan lain sebagainya.

Ingin Jadi Blogger Profesional? Pastikan 5 Kemampuan Dasar Ini Anda Miliki
Image from : www.bforblogging.com

Sedikit menjelaskan mengenai apa itu blog. Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember pada tahun 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog karena untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu atau terus menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik dan disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger. Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kepribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Sekarang ini banyak orang yang berminat dan berlomba-lomba untuk menjadi seorang blogger profesional dan banyak juga begitu serius dalam menggeluti bidang blogging ini. Selain itu, dukungan dari perkembangan teknologi yang makin canggihnya dan jaringan internet serta momen sharing via media sosial atau aplikasi pesan instan membuat kegiatan ini semakin eksis.

Tapi untuk menjadi seorang blogger yang sukses itu tidaklah mudah, ada beberapa kemampuan yang harus Anda kuasai, kemampuan dasar yang dapat menunjang kelancaran situs blog yang dibangun.

Ingin Jadi Blogger Profesional? Pastikan 5 Kemampuan Dasar Ini Anda Miliki
Image from : www.topcoder.com

- Artikel pilihan :  Ini Tahapan Bagaimana Blogger Menghasilkan Uang Dari Kegiatan Blogging

Pada dasarnya untuk menjadi blogger tidaklah sulit. Namun ada beberapa hal yang perlu dipahami untuk menjadi pegangan agar mampu bersaing dan lebih profesional. Seorang blogger memang dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan dasar yang bisa mengantarkannya pada jalan menuju sukses. Apabila Anda berminat untuk menjadi seorang blogger dan ingin mengetahui kemampuan apa saja yang harus dimiliki. Berikut kemampuan dasar yang haru dimiliki seorang blogger.

1. Ilmu Jurnalistik

Kemampuan dasar yang pertama adalah Ilmu Jurnalistik. Untuk mengisi konten atau memperbarui blog  memang diharuskan menulis sebuah artikel. Memposting artikel pada blog setiap hari (minimal 1 artikel 2 hari) adalah keharusan. Selain memahami ilmu jurnalistik Anda juga dituntut untuk mengikuti aturan kode etik jurnalistik, dimana tidak semua topik atau tema pembahasan bisa Anda buat dengan sesuka hati lalu mempublikasikan. Harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak pantas.

- Baca juga :  Inilah 6 Alasan Yang Membuat Blogger Malas Update Artikel

2. Ilmu Coding

Yang kedua adalah Ilmu coding. Ilmu coding (ilmu Pemrograman) termasuk ilmu dasar menjadi seorang blogger profesional. Alasannya, karena ketika Anda akan membuat blog, Anda akan dituntut untuk mengatur dan menyesuaikan tampilah template yang merupakan tubuh atau badan dari blog Anda.

Disaat Anda melakukan proses penyempurnaan tampilan blog Anda, tentu akan bergelut dengan banyaknya kode pada template blog Anda, dan Proses inilah yang mengatur ataupun menyesuaikan tampilan template pada blog yang disebut dengan Coding.

3. Kemampuan Desain

Ilmu desain ini digunakan pada saat Anda membuat sebuah artikel, dimana saat membuat artikel Anda akan mengimbangi artikel tersebut dengan sebuah gambar. Gambar juga memiliki sebuah perkembangan terhadap blog. Semakin panjang artikel anda akan semakin menarik jika artikel tersebut diimbangin dengan gambar. Selain itu, kecantikan blog juga Anda yang tetukan seperti penambahan widget mengatur warna, dan lain sebagainya.

- Baca juga :  Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Pada Artikel Blog Agar Tidak Berat

4. Ilmu Komunikasi dan Sosial

Seorang blogger memang dituntut untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, terutama dengan blogger lainnya. Dengan komunikasi dan hubungan sosial yang baik ini maka Anda akan mendapatkan banyak teman sesama blogger yang akan bermanfaat untuk perkembangan blog Anda ke depannya.

5. Ilmu Manajemen Bisnis

Terakhir, ilmu dan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang blogger adalah ilmu manajemen bisnis. Bila Anda blogger yang menggunakan domain dan hosting berbayar atau mungkin pula template berbayar maka mau tak mau Anda akan diharuskan berhitung dengan baik untuk membayar biaya tahunannya.

Tentu akan lebih baik dan menyenangkan jika biaya-biaya tersebut sanggup Anda bayar dengan penghasilan dari blog Anda. Oleh sebab itu Ilmu Manajemen Bisnis juga diperlukan.

Demikianlah beberapa ilmu dasar yang harus dimiliki dan dipahamin untuk menjadi seorang blogger. Salam blogger.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Jadi Blogger Profesional? Pastikan 5 Kemampuan Dasar Ini Anda Miliki"

Post a Comment