Fungsi Dan Manfaat Internal Link di Dalam Blog / Website. Penting!

Fungsi Dan Manfaat Internal Link di Dalam Blog / Website. Penting! - Tujuan utama dari membangun internal link tak lain adalah untuk memudahkan mesin pencari agar dapat menjelajahi, mengindeks semua halaman blog, dan melihat struktur blog secara keseluruhan.

Fungsi Dan Manfaat Internal Link di Dalam Blog / Website. Penting!
Image from : notecoding.blogspot.co.id

Struktur blog / website yang rapih akan membuat semua halaman Anda terindeks dengan baik yang dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine seperti Google. Selain itu juga, merupakan salah satu cara untuk membantu crawler Google dalam menjelajahi setiap halaman situs atau blog Anda, dan memungkinkan para pengunjung yang sedang membaca artikel Anda mendapat informasi terkait lainnya.

Fungsi dari Internal linking sendiri adalah sebuah link dari satu halaman website/blog yang menuju halaman lain di dalam situs yang sama, dimana saling berhubungan. Cara ini tentu akan membuat pengunjung akan berada lebih lama di situs kita. Pada dasarnya, internal linking adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam meningkatkan onsite SEO (Search Engine Optimization) suatu situs.

Internal link sangatlah penting bagi sebuah website atau blog. Dalam strategi yang menunjang SEO, internal linking dapat membantu pemilik website/blog menjembatani antara satu konten denga yang lainnya asal dengan baik dan benar. Internal link yang baik adalah seperti berikut:
  • Buat internal link sewajarnya, jangan terlalu banyak (kalau saya biasanya 2-3).
  • Buat internal link ke halaman yang terkait.
  • Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju.
  • Lakukan internal link dengan teratur pada konten Anda.
- Baca juga : Pentingnya Membangun Backlink Untuk Menunjang SEO Situs Anda
Untuk lebih jelas mengetahui manfaat dari internal link, silahkan simak dari penjelasan dibawah ini.

1. Pengunjung Mendapat Manfaat Dan Betah Berada Di Situs Anda

Internal links bisa membuat pengunjung berlama-lama berada di situs Anda dan membuka halaman demi halaman karena melink link terkait yang Anda pasang. Ketika user atau pengunjung betah berada pada situs Anda tentu akan memberi efek yang menurunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) website/blog Anda. Namun jika sebalinknya, membuat pengunjung cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap bahwa situs Anda tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan ini bisa berakibat turunnya peringkat blog Anda di mesin pencari Google.
- Baca juga : Mungkin Tips Berikut Dapat Membuat Blog Anda Tetap, Dan Semakin Disukai Oleh Pengunjung

2. Proses Crawling dan Pengindeksian Mudah

Membangun internal link sangat memungkinkan dan mempermudah bagi robot bot untuk merayapi artikel lain melalui anchor link yang Anda pasang di setiap postingan. Anggap saja ini sebagi navigasi untuk menuju halaman postingan berikutnya atau yang lain.

3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) situs Anda

Membuat internal links ke halaman lain dengan kata kunci yang relevan merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO postingan Anda. Membuat postinga banyak dengan konten yang diberi internal links tentunya akan lebih baik dari pada membiarkan halaman post tersebut tidak ada link sama ke halaman post Anda yang lain.
-Baca juga : Apakah SEO Penting Bagi Blog / Website? Mengapa!

Tambahan :

Seperti yang sudah saya katakan bahwa membuat internal link tentu harus baik dan benar, jika sebaliknya maka akan berdampak yang tidak baik bagi situs Anda. Berikut ringkasannya :

Internal Link Yang Relevan

Internal link menuju halaman yang relevan akan membuat SEO kita semakin kuat karena kita dianggap memberikan referensi menuju halaman yang membahas mengenai topik sejenis dengan detil yang berbeda. Ini akan berpengaruh pada kedua halaman di mana kedua halaman akan lebih mudah mendapatkan ranking saat SEO dilakukan.

Halaman yang relevan akan berbagi poin dengan halaman yang dioptimasi. keduanya akan ada tambahan poin relevansi, dan setiap halaman baru yang terindex juga mempunyai poin awalnya tersendiri.

Membangun Internal Link Yang Tidak Relevan

Sebagai ilustrasi, halaman yang dioptimasi membahas masalah Kesehatan; namun di halaman itu ada 5 link yang menuju halaman yang membahas Otomotif. Internal link seperti yang disebut ini akan mengaburkan fokus kata kunci, dan membuat pengunjung segera menutup halaman setelah selesai membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Dan Manfaat Internal Link di Dalam Blog / Website. Penting!"

Post a Comment