3 Rangkuman Elemen Penting Untuk SEO

3 Rangkuman Elemen Penting Untuk SEO
Kita tau bahwa Seo itu penting untuk sebuah blog atau website, untuk menjadikan blog atau website berada di no 1 mesin pencari butuh usaha dengan melakukan optimasi-optimasi yang baik.

Banyak materi-materi ataupun panduan tentang SEO yang bisa kita temukan di internet, baik itu dalam bentuk ebook, pdf, ataupun dalam bentuk artikel-artikel yang di posting pada suatu situs. Dan dari sekian banyaknya artikel yang membahas dan memberikan tutorial tentang SEO, disini saya ingin merangkum dari semua artikel-artikel yang ada dan apa yang saya pahami dan sudah saya lakukan untuk optimasi blog/website.

Dari rangkuman yang saya lakukan dan simpulkan terdapat tiga elemen utama penting dalam SEO website yang harus kita ketahui dan lakukan untuk mengoptimasi website di mesin pencari seperti google. Apa ketiga elemen itu?,  Ketiga elemen itu adalah: Riset Keywords, Baclinks (Off Page Factor) dan SEO Friendly (On Page Factor).

Dengan mengetahui tiga elemen penting dalam SEO tersebut, kita akan lebih mudah melakukan optimasi untuk blog atau website kita di mesin pencari untuk jangka yang panjang. Dan berikut saya jabarkan ketiga elemen penting SEO tersebut.

1. Kata Kunci (Keywords) Website

Yang pertama yaitu Keyword. Keywords itu sendiri merupakan frase atau rangkaian kata yang diketikkan pada kotak pencarian di search engine, seperti Google. Kita dapat melakukan riset keywords terlebih dahulu untuk menemukan list kata kunci tersebut yang sering dicari oleh user dan kita bisa tau kebutuhan mereka.

Riset keywords (keywords research) adalah langkah yang dapat dilakukan  dalam mencari, mengetahui, dan menentukan kata kunci (keywords) apa yang paling relevan atau cocok dengan niche blog yang kita bangun. Ketika blog atau website milik kita menggunakan kata kunci yang tepat dan banyak yang mengincar, maka peluang untuk mendapatkan ranking  di SERP (Search Engine Result Page) akan semakin baik, dan tentunya ini akan memberikan trafik yang tinggi bagi blog kita.

Untuk menentukan atau megetahui keyword apa yang cocok dan yang sedang tinggi dalam pencarian, banyak cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan bantuan tool gratis yang bisa digunakan. Salah satu tool yang dapat digunakan adalah Google Keyword Planner.

Pada Intinya adalah, riset keywords merupakan langkah awal yang krusial dalam membangun website dan menurut saya, elemen dengan menentukan keyword ini memiliki porsi sebesar 40% dalam kampanye SEO sebuah blog maupun website.

2. Elemen SEO Friendly (On Page Factor)

Yang dimaksud dengan SEO friendly adalah blgo atau website yang dibuat dengan standar tertentu yang akan membuat situs tersebut mudah dijelajahi dan dikenali oleh mesin pencari seperti google. Dan selain itu juga, user juga harus mendapat manfaat dari situs kita dan  mudah dalam menggunakan dinavigasi. Sebenarnya ada banyak hal yang terdapat pada On Page Factor sebuah website. Namun berdasarkan pengalaman saya, terdapat beberapa hal yang sangat berpengaruh pada kekuatan On Page SEO untik situs kita, yaitu:

Artikel pilihan : 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk SEO On-Page Pada Blog Anda

A. Penempatan Keywords

Jika Anda ingin mengoptimasi halaman website untuk kata kunci tertentu, maka pastikan keywords tersebut tercantum di dalam halaman blog/website sehingga Google akan lebih mudah memahami halaman website yang kita bangun. Beberapa bagian di dalam situs kita yang perlu ditambahkan adalah:

  •     Title Tag/ Judul halaman web
  •     Meta Description
  •     Awal paragraf artikel
  •     Semantic URLs
  •     Sistem Navigasi
  •     H1, H2, H3 tags
  •     Internal links
  •     File gambar (Alt)
B. Membangun Konten yg Berkualitas dan Relevan

Sebagian besar blog/website yang memiliki banyak konten dan berkualitas pasti menduduki SERP paling atas pada Google. Oleh karena itu, pastikan bahwa konten situs kita berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas dan juga pertimbangkan  untuk membuat konten yang lebih detail dan panjang agar lebih mudah masuk halaman utama Google dan dapat  bertahan lebih lama di SERP Google.

C. Meningkatkan Interaksi User Website Anda

Interaksi user di website/ blog juga berpengaruh pada SEO. Interaksi user ini akan membuat tingkat pentalan (bounce rate) di dalam sebuah situs akan semakin kecil. Untuk mengurangi bounce rate ini kita bisa dengan menambahkan beberapa multimedia ke dalam postingan artikel, misalnya menambahkan gambar yang atraktif, menambahkan video, atau pun diagram,namun jangan juga terlalu banyak. Selain itu juga, berikan kesempatan kepada audiens untuk dapat memberikan opini, kritik, saran, dengan menambahkan kolom komentar.

D. Penambahan Outbound Links

Dengan memberikan beberapa links yang menuju halaman website lain yang relevan dengan pembahasan artikel juga dapat berpengaruh pada SEO. Dengan menambahkan outbound links ini akan memberikan sinyal kuat pada Google apa yang menjadi fokus topik pada konten tersebut.

E. Tingkat Kecepatan Load Blog/Website

Dari pihak Google pernah menyebutkan bahwa kecepatan load pada sebuah website merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk SEO. Selain itu juga terbukanya sebuah halaman yang lambat akan ditutup oleh user karena tidak sabar menunggu munculnya artikel, sehingga hal ini berpengaruh pada hasil pencarian. Untuk dapat mengetahui kecepatan load blog/website Anda silahkan cek pada situs GTMetrix.com.

3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)

Backlinks itu adalah tautan atau link dari sebuah halaman blog/website yang menuju website/blog lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi atau arahan untuk mengunjungi website yang lain. Tujuan lain membangun backlinks adalah untuk meningkatkan popularitas sebuah halaman situs di internet, sehingga dapat membuat situs tersebut berpeluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di SERP (Search Engine Result Page) Google.

Baca juga : Tips Melihat Kualitas Blog Untuk DiTanamkan Backlink Dengan Tool SEO

Terdapat banyak sekali situs yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlinks. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa jenis backlinks yang sangat efektif untuk kampanye SEO blog/website, diantaranya adalah:

A. Dari Media Sosial

Kebanyakan blogger, media sosial biasanya gunakan untuk membangun backlink, seperti Google+, Twitter, Facebook, Pinterest, dan sebagainya. Backlink dari media sosial ini biasanya bersifat nofollow, namun tetap akan meningkatkan popularitas situs blog/website kita.

B. Links dari social bookmarking

Selain menggunakan media sosial, kita dapat menggunakan social bookmarking, antara lain Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, dan lainnya. Backinks dari social bookmarking ini ada yang besifat nofollow dan ada juga yang bersifat dofollow. Optimasi SEO dengan menggunakan social bookmarking ini biasanya sangat efektif untuk situs blog/website lokal. Namun perlu juga untuk berhati-hati jika terlalu banyak backlinks dari situs social bookmarking dan dalam tempo singkat, justru dapat berakibat buruk.

C. Backlinks Dari Forum

Dengan bergabung pada forum-forum kita dapat membuat links didalamnya, dan dengan cara ini merupakan salah satu cara yang efektif, kerena kita dapat bertukar links dengan user lain. Namun perlu diingat untuk tidak membuat spam pada suatu forum.

Setelah mengetahui 3 elemen diatas yang telah saya rangkum, semoga dapat membatu dan menjadikan tutunan untuk membangun situs blog/website yang lebih SEO. Semoga bermanfaat dan membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Rangkuman Elemen Penting Untuk SEO "

Post a Comment