Apakah Website Anda Sudah User Friendly?, Ketahuilah Ciri-Cirinya


Sedikit menjelaskan mengenai apa itu User friendly. User friendly merupakan suatu kondisi dimana kita ketika menggunakan atau mengoprasikan sesuatu dengan mudah dan nyaman. Seperti saat menggunakan software, operating system, atau website/blog. Tujuannya yaitu 1, bahwa untuk mempermudah kita dalam mencari informasi yang penting dan menampilkan hasil yang sesuai dengan yang di cari dan yang di inginkan.

Untuk saat ini seharusnya untuk menggunakan sesuatu sudah harus User Friendly, mulai dari penggunaan tools komputer dalam sehari-hari (software atau aplikasi), handphone, sampai internet. Jadi tidak salah jika sekarang banyak sekali yang mencari sesuatu yang dapat mempermudah hidup mereka dan tentu tidak merepotkan mereka. Seperti halnya blog atau website yang kita bangun atau kembangkan. Design website yang unik dan tidak ribet tentu banyak dicari oleh banyak orang ketika mencari informasi. Kebanyakan orang pasti menginginkan website  atau blog yang responsive yang mempermudah mencari tahu mengenai sesuatu hal yang di inginkan tanpa ada kendala lain yang tidak diinginkan.


Selain itu salah satu permintaan umum yang diajukan oleh seorang yang ingin memiliki dan membuat website kepada web designer / developer adalah bahwa mereka ingin membuat website yang diinginkan menjadi User Friendly. Permintaan tersebut sangatlah wajar karena sang pemilik website menginginkan bahwa media onlinenya atau website yang diinginkan tersebut lebih bagus dan memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi, sehingga pengunjung suka dan betah berada di website tersebut untuk mendapatkan informasi.

Lalu seperti apa blog atau website yang User Friendly itu dan seperti apa ciri-ciri blog atau website dikatakan sudah User Friendly, berikut ulasannya yang dapat menjadi infrormasi kepada Anda.

1. Dapat Berjalan dengan baik pada semua perangkat

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, tentu kemudahan-kemudahan dalam mencari informasi dapat dinikmati oleh masyarakat. Seperti ketika mencari informasi diinternet, ada yang mengakses dengan komputer desktop, tablet dan smartphone, bahkan ada yang dari layar sekecil jam tangan seperti smartwatch.

Dengan adanya media perangkat yang bermacam-macam jenis dan ukuran, tentu sebuah website atau blog juga harus bisa menyesuaikan dan dapat mengikuti bentuk dari perangkat tersebut, dengan cara membuat website yang Responsive yang bisa dibuka dengan maksimal pada berbagai jenis perangkat dan bermacam ukuran layar.

Munculnya teknologi web responsive tentu semakin memudahkan hal ini, dimana website atau blog yang responisve dapat secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar yang berbeda-beda, sehingga selalu terlihat maksimal, tidak berantakan dan tidak perlu di zoom ketika pengunjung ingin membaca.

Artikel lain : Hindari 6 Kesalahan Yang Kerap Terjadi Bagi Blogger Pemula Berikut

2. Menu Navigasi Yang Intuitif

Menu Navigasi yang mudah dimengerti dan digunakan tentu akan membuat pengunjung bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal ini penting, karena jika pengunjung tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya di website/blog tersebut, mereka akan akan meninggalkan situs tersebut dan membuka situs lain untuk mencari hal-hal yang dicari.

3. Loading Cepat

Dalam membuka artikel yang dicari tentu user menginginkan artikel tersebut dapat terbuka dengan cepat, sehingga user meraya nyaman dan cepat untuk mendapatkan informasi yang dicari.

Sebuah situs bisa menjadi lebih lambat dan berat karena terlalu banyak media didalamnya, seperti gambar, javascript, media sosial, audio maupun video. Jadi hindari memasang media tersebut terlalu banyak. Faktor Loading Cepat ini tentu saja termasuk salah satu syarat untuk website yang User Friendly.

4. Konten Yang Berkualitas

Selain penunjung dalam mencari informasi tentu ketika membuka laman mengharapkan dengan loading cepat, dan selain loading yang cepat pengunjung tentu akan lebih suka jika konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, karena apabila konten yang ada tersebut dirasa kurang menarik tentu mereka akan mencari diwebsite lain. Jadi konten yang berkualitas termasuk salah satu faktor dalam membuat website yang user friendly.

Baca juga Tips Melihat Kualitas Blog Untuk Di Tanamkan Backlink Dengan Tool SEO

5. Desain dan Penempatan Elemen 

Desain layout yang bagus dengan penempatan elemen yang tepat tentu akan membuat website Anda semakin user friendly. Pembuat atau pemilik website harus tau dimana menempatkan sebuah tombol agar sering di klik oleh pengujung, selain itu  juga harus paham dimana harus menaruh form pencarian agar pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari informasi tertentu. Dengan membedakan warna teks biasa dan warna teks link juga penting untuk diperhatikan agar pengunjung tidak bingung.

6. Konten website yang rapi

Selain harus membuat konten yang Berkualitas,  keadaan konten website yang rapi harus ada di setiap website atau blog yang User Friendly. Jangan harap Anda akan mendapatkan banyak traffic jika konten yang ada di dalam website tersebut berantakan. Untuk itu usahakan untuk dapat mengatur konten-konten di website atau blog dengan apik serta rapi dan juga jangan lupa untuk mengupdate konten Anda secara berkala.

Baca juga : Tips Menulis Artikel Blog Yang Kreatif Ketika Ide Hilang

7. Identitas website

Sebagai informasi tambahan untuk blog atau website, sebaiknya pemilik website juga memberikan informasi alamat atau identitas website tersebut, seperti melengkapi dengan memberukan nomor telepon dan email agar pengunjung bisa dengan mudah menghubungi jika ada sesuatu yang ingin mereka sampaikan baik itu ketika ingin menjalin kerjasama, ketika ingin melalukan komplain, atau sekedar ingin menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada sang pemilik website.

Sebuah website atau blog yang serius dan baik biasanya dilengkapi dengan memberikan halaman about us, disclaimer, term of services (ToS), privacy & policy, contact us, dan halaman-halaman lain yang dirasa perlu untuk ditampilkan demi kemudahan dan pelayanan kepada pengunjung.

Setelah mengetahui seperti apa Website atau Blog yang User Friendly itu, silahkan untuk menerapkannya pada situs Anda, karena akan membuat situs ada lebih profesional dan bermanfaat bagi orang lain. Demikian, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Website Anda Sudah User Friendly?, Ketahuilah Ciri-Cirinya"

Post a Comment