Cara Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Blog Dengan Mudah

Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan - Mematikan atau menonaktifkan fungsi klik kanan mouse merupakan salah satu cara agar artikel blog tidak dapat di copas oleh orang lain. Cara ini mungkin akan berhasil jika user atau pengunjung menggunakan smartphone ketika membuka artikel blog Anda. Namun akan dengan mudah di dihindari jika pengunjung membuka blog Anda dengan PC atau komputer.

Cara Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Blog Dengan Mudah
image from : dasatitah.com
Kenapa dapat dihindari?, karena banyak cara selain klik kanan untuk mengcopy artikel pada blog. Cara mudahnya adalah dengan kombinasi keyboard (Ctrl+C) atau dapat juga dengan Inspect Element (Q).

Namun meskipun ada banyak cara untuk tetap bisa mengcopy suatu artikel, tetapi dengan men-disable klik kanan ini akan tetap bermanfaat jika orang tidak mengetahui cara-cara lain untuk mengcopy meskipun klik kanan mati. Dan jika Anda berniat untuk mematikan fungsi klik kanan ketika orang berkunjung pada blog Anda, saya akan membagikan bagaimana caranya.

- Artikel pilihan : Tips Cara Mencari Gambar Untuk Artikel Tanpa Terhalang Copyright

Caranya cukup mudah, karena hanya akan menggukanan beberapa kode javascript dengan tambahan jquery. Langsung saja, saya berikan caranya dibawah ini untuk Anda.

Cara Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Blog

1. Pertama-tama masuk dalam Edit Template blog Anda.
2. Copy kode dibawah ini dan paste diatas kode </body>.
<script src="https://code.jquery.com/jquery-2.1.4.js"></script>

$(document).bind("contextmenu",function(e){

e.preventDefault();

});
DEMO

- Baca juga : 4 Langkah Mudah Cara Memblokir Situs

Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Bagian Tertentu Saja

Jika cara diatas akan mematikan fungsi klik kanan seraca keseluruhan dan Anda hanya ingin menonaktifkan klik kanan pada bagian tertentu seperti konten saja, sidebar saja, footer saja, dan terserah Anda, dapat menggunakan cara dibawah ini.

Berikut caranya :

Silahkan cari terlebih dahulu nama bagian atau nama class dari elemen blog Anda. Misalkan nama class yang anda pilih "<div class="conten-area">, maka silahkan ubah kode class tersebut menjadi seperti kode dibawah ini.

$(".content-area").bind("contextmenu",function(e) {

e.preventDefault();

});
DEMO

Demikian, 2 cara diatas dapat Anda gunakan untuk mematikan fungsi klik kanan mouse pada blog atau artikel Anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Blog Dengan Mudah"

Post a Comment