Riset Membuktikan, Mengapa Mengunggah Foto Ke Media Sosial Bisa Membuat Bahagia

Mengapa Mengunggah Foto Ke Media Sosial Bisa Membuat Bahagia - Sosial media merupakan tempat dimana semua orang dapat saling terhubung, saling berbagi, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Dan salah satu hal yang dapat bersifat positif bagi penggunanya salah satunya adalah ketika mengunggah foto ke media sosial.

Riset Membuktikan, Mengapa Mengunggah Foto Ke Media Sosial Bisa Membuat Bahagia


Hal positif yang datang ketika mengunggah foto ke media sosial adalah mereka merasakan kebahagiaan atau senang dalam melakukan hal itu. Hal ini membuat beberapa pakar untuk mencoba melakukan riset terkait perasaan yang muncul ketika mengunggah foto ke media sosial. Riset atau penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa pakar terkait rasa bahagia atau senang dalam aktivitas menggunggah foto ke media sosial tersebut, dan mengapa bisa demikian, dapat Anda simak ulasannya melalui penjelasan dibawah ini.

Perubahan Gaya Hidup

Hasil ritet atau penelitian yang pertama yang menyebabkan banyak orang merasa bahagia/senang adalah  karena adanya perubahan gaya hidup. Ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya teknologi saat ini jauh berbeda dengan dahulu, dan semakin canggih dan cepat perkembangannya. 

Saat ini segala sesuatu yang bersifat menarik yang ditemui setiap orang, mereka tidak akan menginggalkan atau membuang moment dengan tidak mengabadikannya. Ketika berbelanja, jalan ke taman, ke mall, cafe, dan lain-lain, pasti rasa ingin untuk mengabadikan setiap moment pasti ada dan ingin segera menguploadnya ke media sosial.

Penambah Semangat Dan Rasa Antusias

Kristin Diehl, Peneliti dan University of Southern California mengatakan bahwa hubungan yang kuat antara kadar kebahagiaan dengan memotret dan mengupload.

Kristin juga mendapati sebuah peningkatan semangat dan rasa bahagia dari pengalaman positif yang muncul dari seseorang yang melakukan pengunggahan foro ke media sosial. Dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh Kristin serta peneliti lain adalah bahwa mereka yang melakukan aktivitas memotret yang kemudian mengunggahnya ke media sosial merupakan orang-orang yang sangat antusias dan sangat menikmati segala hal yang mereka lakukan.



Hasil Riset Yang Melibatkan 2000 Partisipan

Para peneliti dalam melakukan risetnya juga melibatkan partisipan sebanyak 2000 orang. Dari riset yang dilakukan Kristin beserta tim, mereka melakukan sembilan eksperimen yang berbeda-beda yang dilakukan kepada 2000 partisipan.

Eksperimen yang dilakukan oleh para peneliti kepada 2000 partisipan diantaranya adalah dengan melakukan makan di resoran, berbelanja, dan liburan. Dalam ketegiatan yang dilakukan oleh 2000 partisipan, ada yang diperbolehkan untuk memotret dan ada juga yang tidak boleh untuk memotret. Lalu pada akhirnya para partisipan diminta untuk mengisi lembar koesioner.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa mereka yang diperpolehkan untuk memoteret lebih mengalami peningkatan level kebahagiaan. Sedangkan mereka yang tidak diperbolehkan untuk memotret tidak mengalami peningkatan kebahagiaan.

Para peneliti pun juga menguji dengan ada yang diperbolehkan untuk menguplod dan ada yang tidak diperbolehkan mengupload. Dan hasilnya adalah mereka yang diperbolehkan untuk mengupload memiliki rasa bahagia yang semakin tinggi. Sedangkan mereka yang tidak diperbolehkan untuk mengupload, merasa kurang bahagia.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut, ada sebuah data yang menarik yang didapat oleh peneliti. Pada saat para partisipan diminta untuk memotret hal-hal yang ekstrime seperti memotret singa, mereka mengaku bahwa mereka tidak bahagia. Dan yang lain adalah ketika mereka diminta untuk membawa dan mengurus perangkat pornografi yang berat, mereka mengaku kurang bahagia dibanding mereka yang hanya diminta untuk membawa kamera ponsel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Riset Membuktikan, Mengapa Mengunggah Foto Ke Media Sosial Bisa Membuat Bahagia"

Post a Comment