5 Nama Perusahaan Teknologi Yang Salah Penyebutannya Oleh Masyarakat Indonesia

5 Nama Perusahaan Teknologi Yang Salah Penyebutannya Oleh Masyarakat Indonesia

Hingga saat ini perusahaan-perusahaan besar dengan produk-produk baru dan cangih milik mereka mencoba unutk mencari peruntungannya dengan memasarkan produknya di Indonesia. Dan dari sini kemudian muncul dan juga kita kenal denga adanya beberapa perusahaan luar negeri yang menghiasi pasar di sekitar kita. Dan perusahaan asing yang mencari peruntungannya itu salah satu bidang yang ramai dipasaran adalah dalam bidang teknologi.

Karena perusahaan teknologi ini berasal dari luar negeri tentu muncul beberapa nama unik dan khas dari negara perusahaan itu berasal. Karena gaya bahasa yang berbeda, maka kemudian muncul cara pengucapan dari masyarakat Indonesia terhadap nama-nama perusahaan asing ini yang kerap kali salah atau keliru.

Lau apa saja nama-nama yang salah dalam penyebutannya?, berikut ini beberapa daftar perusahaan teknologi asing yang ada dengan nama-nama yang membuat masyarakat Indonesia salah menyebutkan.

1. Samsung

Yang pertama adalah perusahaan yang sudah besar dan mendunia yaitu Samsung. Perusahaan yang berpusat di Suwon Korea Selatan ini, sering kali disebut atau diucapkan dengan pelafalan yang salah.

Orang Indonesia sendiri kerap atau sering menyebutnya dengan ucapan Sam-sung. Sedangkan orang bule (barat) sendiri mengucapkannya adalah dengan kata Sem-sang. Tapi kenyataannya adalah bahwa kedua penyebutan ini salah semua. Yang benar adalah bahwa, kata Samsung yang berasal dari negeri gingseng ini seharusnya diucapkan dengan pengucapan Sam-song yang jika artikan dalam bahasa Korea yaitu “tiga bintang”.

Baca juga : Fitur Terbaru #PathDaily Dari Path Dapat Membuat Status Tulisan Menjadi "Meme"

2. Asus

Perusahaan asal Taipei, Tiongkok ini, adalah perusahaan yang berikutnya yang salah dalam pengucapannya. Selain orang Indonesia, kebanyakan orang bule(barat) pun juga salah dalam pengucapanya. Jika kita (masyarakat Indonesia) menyebut dengan pelafalan bahasa Indonesia yaitu A-sus atau Ah-seus, maka orang-orang bule terbiasa melafalkan dengan bahasa mereka yaitu dengan sebuatan Ass-es.

Tentu saja penyebutan ini salah dan bahkan sangat tidak sopan. Mengapa? Sebab jika Ass sendiri diartikan dalam terjemahan bahasa ingris memiliki arti "Bokong". Dari kesalahan tersebut dari pihak Asus sendiri kemudian sempat membuat iklan yang menyindir penyebutan Ass-es itu. Dalam kesempatan itu pihak Asus lantas memberikan penyebutan yang benar untuk Asus yaitu Ay-seus.

3. Xiaomi

Yang berikutnya adalah Perusahaan teknologi yang berpusat di Beijing, Tiongkok. Masyarakat Indonesia seringkali salah dalam penyebutan nama dari perusahaan ini. Kebanyakan orang menyebut nama Xiaomi ini dengan sebutan seperti Ci-ao-mi atau Si-ao-may, dan tentu saja pengucapan itu semuanya adalah salah.

Lalu apa penyebutan yang paling benar untuk kata Xiaomi sendiri? Cara pengucapan dan penyebutan yang benar dan tepat untuk kata Xiaomi adalah Si-yao-mi. Jadi tidak ada istilahnya nama Xiaomi kemudian diucapkan dengan penyebutan Ci-ao-mi atau bahkan si-ao-may, yang terjadi malah masuk kepada sebutan camilan somay.

Baca juga : Menjadi Blogger Itu Tidak Mudah. Kenapa?

4. Adobe

Perusahaan teknologi besar yang berasal dari Amerika Serikat ini juga tak luput dari kesalahan dalam penyebutan namanya. Perusahaan yang mengembangkan beberapa perangkat lunak (software) bernama Adobe ini banyak disebut oleh masyarakat Indonesia dengan penyebutan A-dob.

Penyebutan A-dob memang terlihat praktis dan enak didengar oleh telinga orang Indonesia. Tapi kenyataannya bahwa penyebutan ini sangatlah tidak benar. Dan pengucapan untuk perusahaan yang tepatnya bermarkas di California, Amerika ini adalah E-do-bi. Jadi huruf A dibaca E dan akhir kata be dibaca bi.

5. Huawei

Yang terakhir, adalah peruhaan yang berpusat di Shenzhen, Republik Rakyat Tiongkok, yaitu Huawei. Masyarakat sering menyebutkan nama perusahaan ini dengan sebutan wah-wei, hyu-ah-wei atau hu-ah-wi. Dan lagi-lagi semua pengucapan tersebut adalah salah.

Penyebutan yang benar untuk Huawei sendiri adalah Hu-ah-wei. Meski demikian karena sudah terbiasa dengan penyebutan wah-wei maka penyebutan perusahaan ini jadi salah kaprah sampai sekarag ini.

Meskipun tidak memiliki pengaruh yang penting sama sekali bagi industri teknologi telekomunikasi tersebut, tapi kata dan bahasa adalah sebuah nilai dan estetika budaya yang harus tetap dijunjung tinggi oleh setiap manusia untuk dapat saling menghargai dan mengormati sesama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Nama Perusahaan Teknologi Yang Salah Penyebutannya Oleh Masyarakat Indonesia"

Post a Comment