Ingin Menjadi Seorang Freelancer? Pastikan 5 Modal Utama Berikut

Ada anggapan bahwa seseorang belum akan mencapai pada puncak karir jika selama dia masih menjadi anak buah orang lain atau bekerja pada instansi/perusahaan. Dari angapan tersebut muncul berbagai alasan mengapa banyak orang saat ini lebih memilih untuk berhenti dari pekerjaannya untuk memilih menjadi seorang freelancer.

Selain alasan tersebut, alasan lain yang yang membuat ingin berhenti dari pekerjaan adalah mereka lebih memilih jam kerja yang fleksibel, bahwa tidak harus memilih jam kerja yang mengharuskan di patok seperti 8 jam kerja setiap harinya. Oleh karena itu banyak yang lebih memilih untuk lebih memilik pekerjaan sebagai freelancer.
Ingin Menjadi Seorang Freelancer? Pastikan 5 Modal Utama Berikut
Namun jika dilihat dari kenyataannya, belum tentu menjadi frelancer itu mudah dan mendapat kenyamanan atau kebahagiaan tersendiri. Jika ingin terjun untuk menjadi seorang freelancer harus mempunyai tekat dan modal keahlian yang harus dimiliki. Dan jika Anda ingin memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, disini saya akan membagikan apa saja hal-hal yang harus Anda persiapkan untuk menjadi seorang yang disebut freelancer. Apa itu, silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki Skill

Seseorang memiliki skill merupakan keharusan jika ingin bekerja, bukan hanya jika Anda menjadi Freelancer saja. Memiliki skill merupakan salah satu modal yang harus Anda miliki jika ingin bekerja untuk menjadi freelancer. Dengan memiliki skill maka Anda akan dengan mudah mengimplementasi hasil kerja dan akan banyak yang membutuhkan Anda.

Baca juga : 7 Bidang Keahliah Yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Bekerja Di Perusahaan Raksasa Google

2. Harus Kreatif dan Inovatif

Untuk terjeun menjadi seorang freelancer harus tahu terlebih dahulu pekerjaan apa yang akan Anda hadapi sesuai bidang Anda. Jadi pastikan terlebih dahulu diri Anda untuk memiliki kemampuan atau keahlian yang cukup sesuai bidang Anda, serta harus mempunyai pola pikir yang kreatif dan selalu inovatif. Dapat menyelesaikan pekerjaan yang sesuai diinginkan oleh pencari jasa dan dapat membuat hal baru adalah keharusan bagi seorang freelancer. 

3.  Memiliki Jaringan Yang Luas

Memiliki jaringan yang luas merupakan cara yang tepat untuk dapat membuat Anda lebih dikenal dan mendapat dukungan dari freelancer lainnya. Jangan sungkan untuk mencari teman, berkenalan dengan freelancer lain untuk bertukar pikiran, dan jika Anda masih baru untuk menjadi seorang freelancer maka Anda bisa bertanya, meminta bimbingan, dan mencoba mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh freelancer.

Jadi, usahakan agar Anda lebih terbuka dengan orang lain, sehingga Anda akan mendapat banyak peluang untuk mengerjakan priject-project seseuai bidang Anda.

Baca juga : Belajar Menghasilkan Uang Dengan Google Adsense

4. Harus Memiliki Personal Branding Yang Kuat

Personal branding merupakan usaha yang dilakukan untuk mempromosikan diri Anda. Keahlian, sikll, dan hal-hal lain yang membuat supaya orang-orang yang membutuhkan jasa lebih tertarik kepada Anda.
Anda dapat membuat personal branding dengan menuliskan profil Anda, keahlian Anda, portfolio atau karya-karya Anda, dan lain sebagainya. Semua itu dapat Anda pajang atau sebarkan sepeti membuat website pribadi, membagikan di sosial media, atau dapat juga membuat profil Anda pada situs jejaring sosial untuk pekerja profesional seperti LinkedIn.

5. Harus Dapat Mengatur Pola Hidup

Menjadi freelancer tentu juga banyak hambatan yang harus dihadapi, seperti tidak mendapat project yang harus dikerjakan, kegagalan demi kegagalan yang dapat menghampiri, rasa malas, bosan, frustasi, dan lain sebagainya. Selain kegagalan tentu pasti ada juga rasa senang, gembira, mendapatkan hasil yang diinginkan, yang membuat tidak mau beranjak dari depan laptop atau pc. 

Dari semua itu Anda harus pandai mengatur pola hidup Anda, jangan sampai Anda melupakan keseharian Anda, seperti lupa atau malas makan, jarang berbaur bersama teman, tidak ada waktu bersama keluarga dan lainnya.

Jadi usahakan agar Anda tetap mementingkan keduanya, yaitu pekerjaan sebagai freelancer dan waktu-waktu bersama keluarga dan kerabat. Dan satu yang pasti, tetap semangat, terus berjuang, dan focus kepada tujuan adalah hal yang penting.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Menjadi Seorang Freelancer? Pastikan 5 Modal Utama Berikut "

Post a Comment